in

Pinjaman Online Syariah Resmi OJK, Solusi Finansial Tanpa Riba

pinjaman online syariah resmi OJK
smeloans.co.uk/

Pinjaman online syariah resmi OJK menjadi alternatif bagi masyarakat yang memerlukan pendanaan, namun tetap sesuai dengan nilai-nilai keuangan Islam. Tidak hanya menawarkan pinjaman berbasis syariah, lembaga ini juga dapat menjadi alternatif investasi dengan keuntungan lebih tinggi melalui mekanisme bagi hasil.

Meskipun berbasis syariah, masyarakat tetap harus lebih selektif dalam memilih lembaga keuangan. Pilih lembaga pinjaman syariah yang telah terdaftar resmi dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga keamanan akan lebih terjamin.

pinjaman online syariah resmi OJK
smeloans.co.uk/

Daftar Pinjaman Online Syariah Resmi OJK

Lembaga pinjaman online syariah memberikan solusi finansial dengan pendekatan yang sesuai dengan ajaran agama. Pinjol syariah harus terhindar dari bunga atau riba, ketidakpastian (gharar), spekulasi, hingga tindak penipuan.

Di Indonesia terdapat sejumlah lembaga resmi berizin OJK yang menyelenggarakan layanan pinjaman online Syariah. Layanan tersebut antara lain:

Ammana.id

Salah satu perusahaan P2P lending yang mendukung kemajuan bagi para pelaku UMKM. Layanan ini menjembatani pengguna dengan para peminjam.

Ammana mengusung sistem non direct funding yakni para pelaku UMKM wajib untuk menjadi anggota dari mitra keuangan syariah mikro yang terdaftar di Ammana.

Dalam layanan ini memiliki tiga produk utama yang terdiri dari P2P Lending, Pay Later, dan perencanaan porsi haji. Khusus pinjaman haji dalam layanan pinjaman ini memiliki tenor hingga 3 tahun dengan proses pengajuan yang cukup mudah.

Qazwa.id

Perusahaan fintech syariah selanjutnya yang telah mengantongi izin OJK adalah pinjaman Syariah Qazwa. Layanan ini menawarkan pembiayaan syariah bagi para pelaku UMKM dengan menggunakan skema supply chain financing dalam pembiayaan kredit modal kerja. Sehingga kontrak pembiayaan lebih transparan dan jelas. Dalam kegiatan usahanya, Qazwa menggunakan akad mudharabah serta murabahah.

Duha Syariah

Ini menjadi salah satu pioneer fintech syariah yang ada di Indonesia. Dikembangkan oleh PT Duha Madani Syariah, pinjaman online syariah ini memiliki tagline bebas riba dan telah resmi terdaftar di OJK. Di dalamnya memberikan sejumlah pilihan plafon pembiayaan. Mulai dari pembelian barang, perjalanan umroh, pendidikan, hingga invoice financing yang keseluruhan sesuai dengan prinsip syariah.

Untuk pendanaan perjalanan umroh, pendidikan, hingga jasa lainnya tersedia dana maksimum 30 juta. Sedangkan untuk pembelian barang maksimum 20 juta dan pinjaman modal untuk usaha maksimum 2 milyar dengan tenor pinjaman mulai dari 3 hingga 24 bulan.

Investree

Investree adalah salah satu perusahaan fintech lending berbasis syariah. Pinjaman online ini menawarkan kredit invoice financing syariah yang merupakan pembiayaan modal kerja bagi para UKM-UKM berkembang.

Para pelaku usaha yang memerlukan pembiayaan dapat menjaminkan tagihan sedang berjalan atas perusahaan guna memperoleh pembiayaan. Selanjutnya, invoice atau tagihan akan menjadi dasar pembiayaan yang akan dibayarkan oleh penerima pembiayaan.

Sebagai informasi, pengajuan pembiayaan maksimal 80% dari besaran nilai invoice. Sedangkan nilai tagihan maksimal hingga 2 miliar dengan tenor 30 hingga 180 hari.

Perbedaan Akad Mudharabah dan Murabahah

Dalam lembaga keuangan syariah, terdapat beberapa jenis akad transaksi syariah, dua diantaranya adalah mudharabah dan murabahah. Meskipun sama-sama sebagai akad kerja sama antara pemilik dana dan pengelola, tetapi terdapat beberapa perbedaan dari keduanya.

Perbedaan tersebut terletak pada penetapan laba serta konsep perjanjian. Murabahah merupakan akad transparansi keuntungan serta harga beli antara penjual dan pembeli. Sedangkan mudharabah adalah akad kerja sama antara pemilik modal dengan pelaku usaha yang mempunyai kemampuan dalam mengelola bisnis yang halal dan produktif.

Untuk konsep penentuan laba pada murabahah ditetapkan di awal dengan kesepakatan. Sementara itu, imbal hasil mudharabah dari usaha tersebut akan dibagi antara pelaku usaha dan pemilik modal setelah mengetahui hasil usaha.

Tidak hanya dapat membantu para pelaku UMKM, pinjaman online syariah resmi OJK juga menawarkan berbagai keuntungan. Layanan fintech ini menjalankan aturan yang terbit dari OJK dan DSN MIUI. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya penipuan dan pelanggaran lainnya.

Pinjol Resmi Tenor Panjang

Pinjol Resmi Tenor Panjang yang Pasti Aman

Pinjaman Online untuk Wirausaha

Pinjaman Online untuk Wirausaha Bersertifikat OJK, Bunga Ringan