Pengertian Jalur Afirmasi Prioritas 1 dan 2 untuk Calon Pendaftar Siswa Baru

Halo teman satumimpi.com – Pengertian Jalur Afirmasi Prioritas 1 dan 2 untuk Calon Pendaftar Siswa Baru. Kembali lagi bersama admin, kali ini kami akan memberikan informasi detail tentang sebuah informasi yang sedang populer.

Dengan adanya peraturan baru dari pemerintah mengenai sistem pendaftaran siswa untuk tahun ajaran baru baik itu melalui Jalur Afirmasi, Prioritas 1 dan 2 yang ternyata masih banyak dari masyarakat yang belum mengetahui apa maksudnya.

Tentunya kalian akan bertanya-tanya maksudnya apa jalur afirmasi prioritas 1 dan 2 ini, maka dari itu admin satumimpi berkesempatan untuk memberikan ulasan mengenai hal tersebut.

Jadi langsung saja kita simak pembahasannya pada artikel berikut ini, untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai Pengertian Jalur Afirmasi Prioritas 1 dan 2.

Pengertian Jalur Afirmasi

Pengertian Jalur Afirmasi Prioritas 1 dan 2 untuk Calon Pendaftar Siswa Baru
Pengertian Jalur Afirmasi

Jalur afirmasi merupakan komitmen pemerintah untuk meningkatkan akses layanan pendidikan berkualitas bagi anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah. Sementara itu, pemerintah daerah mengontrol besaran kuota jalur ini.

Jalur afirmasi tersedia bagi penerima program penanganan langsung dari pemerintah pusat atau daerah, seperti pemegang KIP. Alhasil, syarat untuk jalur afirmasi adalah peserta mendapat bantuan pemerintah.

Namun perlu juga kalian ketahui bahwa jalur afirmasi ini terbagi menjadi dua prioritas, yaitu prioritas 1 dan prioritas 2 yang mana akan kami jelaskan di bawah ini.

Jalur Afirmasi Prioritas 1

  • Anak di asuh, sebagaimana tercantum dalam Kartu Keluarga Yatim
  • Penyandang Disabilitas, dibuktikan dengan surat keterangan dari pihak yang berwenang
  • Anak tenaga kesehatan yang meninggal saat penanganan Covid-19 di wilayah DKI Jakarta, sebagai dibuktikan dengan surat dari kepala dinas kesehatan
  • Anak penerima Kartu Jakarta Smart Plus, serta program Indonesia Pintar, kecuali SD

Jalur Afirmasi Prioritas 2

  • Anak penerima Kartu Jakarta Smart Plus Aktif
  • Anak-anak di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dan Bakti Sosial
  • Anak supir transjakarta yang mengendarai bus kecil dan direkomendasikan oleh Dinas Perhubungan
  • Anak-anak pekerja dengan kartu identitas daerah yang berpenghasilan minimal 1,1 kali upah minimum provinsi.
Baca Juga :  Kai EXO Dinyatakan Positif Covid-19

Dengan demikian, peserta yang memenuhi kriteria di atas dapat mengambil manfaat dari jalur afirmasi.

Terima Kasih

Inilah artikel tentang Pengertian Jalur Afirmasi Prioritas 1 dan 2 untuk Calon Pendaftar Siswa Baru yang dapat kami bagikan kepada anda. Kami harap ini berguna dan membantu Anda mengumpulkan informasi yang akurat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.