Pengertian Developer Rumah dan Syarat Untuk Developer Rumah

SatuMimpi.com – Pengertian Developer Rumah dan Syarat Untuk Developer Rumah Subsidi. Menurut angka dari Kementerian Perumahan dan Pekerjaan Umum, rasio antara pasokan dan permintaan mencapai 7,64 juta rumah tahun lalu. Dalam kondisi seperti itu, jelas bahwa industri real estate merupakan pasar yang baik, dengan banyak peluang untuk memasuki dunia real estate yang maju. Tetapi pengembang adalah jenis bisnis yang membutuhkan perencanaan yang cermat dan tepat, dimana tidak semua orang bisa menjadi developer.

Menjadi Developer rumah memang tidaklah mudah sobat readers, banyak hal yang harus kalian pahami dan persiapkan sebelum memulai, hal itu dilakukan agar kalian mudah mengalami kerugian atau tidak mudah salah dalam mengambil keputusan.

Read More

Tidak ada salahnya jika sebelum kalian memulai menjadi developer rumah kalian bertanya – tanya pada senior atau orang yang sudah berpengalaman dalam hal developer rumah untuk mengetahui lebih detail seperti apa dan bagaimana saja perjalanan di dalam bisnis developer rumah.

Berikut ini admin akan menjelaskan apa itu Developer Rumah, syarat dan Definisi dalam Developer Rumah.

Pengertian Developer Rumah

Developer Rumah atau Pengembang Real Estate adalah perusahaan yang sudah lama berdiri di Indonesia dan memiliki regulasi. Cara kerja pengembang adalah membeli tanah, membangunnya, dan menjualnya kepada konsumen. Selisih antara biaya pembangunan dan harga jual rumah merupakan keuntungan investor.

Salah satu pengertian pengembang dalam peraturan di Indonesia tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 1974, yaitu Peraturan Tentang Hibah dan Hibah Tanah Untuk Keperluan Usaha. Kegiatan pengembang ini tergolong padat modal. karena membutuhkan modal yang banyak, proses pengembangan yang cukup lama dan tentunya membutuhkan resource yang banyak.

Baca Juga :  10 Jenis Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Syarat-Syarat Untuk Developer Rumah

Apa saja persyaratan untuk menjadi Developer Rumah? Seperti yang admin jelaskan pada postingan sebelumnya, developer membutuhkan banyak uang dan pekerjaan yang cukup terampil. Kematangan dalam sumber daya manusia, perencanaan, hak atas tanah dan perizinan.

Proses Pengurusan Izin

Pada prinsipnya pengurusan izin diawali dengan pengajuan izin, jika izin sudah diberikan dan Anda sudah memiliki calon lahan untuk hunian, maka Anda bisa melanjutkan proses permohonan izin menggunakan lahan. Jika sudah selesai, Anda dapat membuat peta situs dan mengirimkannya.

Jika sebelumnya lahan pertanian, izin pengeringan atau pembukaan diperlukan. Setelah semua persyaratan terpenuhi, Anda dapat mengajukan permohonan IMB atau PBG. Jika permohonan izin IMB atau PBG telah selesai dan pembangunan dapat dilanjutkan, Anda dapat memulai pembangunan rumah. Tapi kalian harus ingat, daerah calon pembangunan perumahan itu harus dipastikan bebas dari banjir.

Menyiapkan Dokumen Yang Dibutuhkan

  • SIUP atau Izin Usaha Komersial. Surat ini merupakan izin umum untuk melakukan usaha di Indonesia. Pengertian Developer Rumah dan Syarat Untuk Developer Rumah
  • Sertifikat tanah. Sertifikat ini harus menjelaskan kondisi tanah tempat hunian akan dibangun. Ini juga menjadi dasar jika ingin membagi kepemilikan tanah bagi pembeli rumah.
  • Persetujuan dokumen rencana teknis dan izin Persetujuan Peta Situs Kedua izin ini sebenarnya merupakan bagian dari PBG. Keduanya mutlak diperlukan agar rumah yang dibangun sesuai denah kota dan kawasan hunian tetap layak huni di masa mendatang.
  • Pernyataan kemampuan mengelola dan memantau lingkungan. Surat ini merupakan jaminan bahwa promotor akan mengelola habitat tersebut agar tetap sehat dan sesuai dengan aturan zonasi kota. Pengertian Developer Rumah dan Syarat Untuk Developer Rumah
  • IMB atau izin mendirikan bangunan. Izin ini memastikan bahwa pembangunan rumah mengikuti kebijakan zonasi kota. Lisensi ini sebenarnya telah diubah menjadi PBG (Manajemen Bangunan).
Baca Juga :  Mengenal 10 Model Bisnis Yang Harus Diperhatikan Bagi Perusahaan Startup

Nah yang berikut ini admin juga akan membagikan definisi dan konsekuensi dalam developer rumah, simak penjelasannya dibawah ini.

Definisi Developer

Pasal 5 Ayat 1
“suatu perusahaan yang berusaha dalam bidang pembangunan perumahan dari berbagai jenis dalam jumlah yang besar, di atas suatu areal tanah yang akan merupakan suatu kesatuan lingkungan permukiman, yang dilengkapi dengan prasarana-prasarana lingkungan dan fasilitas-fasilitas sosial yang diperlukan oleh masyarakat yang menghuninya.”

Konsekuensi Developer Rumah

Bisnis Jangka Panjang

Waktu permintaan pengembang adalah 3 bulan, tercepat. Dengan catatan lahan sudah siap, bahan bangunan, perijinan dan personel. Jika total waktu dari saat ditemukannya tanah hingga saat rumah dibangun, dibutuhkan waktu bertahun-tahun.

Bisnis Padat Modal

Modal pengembang menjadi hal penting yang harus dipersiapkan. Karena itu jelas membutuhkan banyak dana. Anda juga harus menyediakan bahan bangunan, membayar tenaga kerja, hingga rumah yang sudah jadi terjual.

Harus memahami Banyak Aspek dalam Properti

Satu hal yang perlu dimiliki pengembang adalah memahami banyak aspek bisnis real estat dari awal hingga akhir. Karena membangun rumah bukan sekedar membangun gedung. Dapat berupa aspek hukum dan perijinan, hukum pertanahan, perencanaan, keuangan, pembangunan, pemasaran, tata kota, ditujukan untuk melayani konsumen. Bagi mereka yang terlibat dalam kegiatan pengembang, diperlukan minat dan kemauan yang kuat.

Penutup

Oke sobat SatuMimpi, demikianlah penjelasan dari admin mengenai Developer Rumah atau Pengembang Real Estate. Seperti yang admin katakan di awal tadi, saran dari admin adalah ada baiknya jika kalian tidak malu bertanya kepada kerabat atau orang yang sudah berpengalaman di dalam bidang developer rumah, karena belum tentu yang bisa kita baca dari buku atau penjelasan artikel seperti ini hasilnya akan sama ketika sudah berjalan.

Baca Juga :  Tren Bisnis 2022 Yang Berpeluang Menguntungkan

Banyaknya jawaban, masukan ataupun saran dari keluarga, kerabat ataupun orang yang lebih berpengalaman sangatlah bagus untuk perkembangan kalian nantinya ketika sudah terjun ke dunia bisnis atau developer rumah.

Terima Kasih

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *