Pengertian Analisis SWOT, Manfaat, dan Tipsnya secara Lengkap

SatuMimpi.comPengertian Analisis SWOT, Manfaat, dan Tipsnya secara Lengkap. Hallo sobat, kali ini admin akan langsung membahasa topik utamanya saja, karna lumayan panjang yaa sobat penjelasannya kali ini. Agar kalian tidak bosan terus – terusan membaca sampai habis, jadi akan admin persingkat dan langsung membahasnya.

Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah suatu metode perencanaan suatu strategi bisnis melalui analisis dengan menggunakan beberapa basis: Kekuatan (strengths), Kelemahan (weaknesses), Peluang (opportunities), dan Ancaman (threats).

Read More

Dengan kata lain, analisis SWOT ini akan membantu para pelaku bisnis mengelola kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman mereka dalam bentuk data yang terorganisir dengan baik. Ini membuat data ini mudah dan jelas untuk dilihat dan dipahami oleh siapa saja yang tertarik dengan bisnis.

Manfaat Dari Analisis SWOT

Menjalankan bisnis tanpa rencana memang banyak dijadikan pilihan para pebisnis, namun risiko gagalnya pasti lebih tinggi. Rencana bisnis yang matang sejak awal bisnis adalah langkah terbaik untuk memiliki gambaran kemana dan bagaimana bisnis kalian akan berkembang kedepannya. Analisis SWOT dengan sendirinya membantu kalian merencanakan bisnis dengan lebih baik dan merencanakannya dengan cermat.

Ini adalah strategi yang memungkinkan kalian melihat seluruh bisnis kalian bahkan sebelum kalian benar-benar memulai. Dengan memahami pro dan kontra dari bisnis , kalian memiliki peluang untuk meningkatkan bisnis kalian dengan perencanaan yang lebih matang. Secara umum, analisis SWOT ini dapat menjadi pedoman dalam mendefinisikan visi dan misi bisnis.

Kalian dapat melakukan penawaran ini kepada calon mitra atau investor bisnis sehingga mereka dapat melihat keseluruhan rencana bisnis kalian dengan lebih mudah. Analisis ini juga akan membantu kalian menentukan ukuran prioritas kalian untuk melakukan.

Baca Juga :  10 Jenis Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Beberapa Faktor Yang Digunakan Dalam Analisis SWOT

1. Faktor internal

Faktor internal dipahami sebagai berbagai data yang diperoleh sebagai hasil dari kegiatan analitis yang dilakukan di dalam perusahaan. Faktor internal dari analisis SWOT memiliki Kekuatan (strengths) dan Kelemahan (weaknesses).

  • Strength (S)

Strength merupakan berbagai komponen yang bisa memberikan nilai lebih atau keuntungan dalam bisnis yang dijalankan, jika dibandingkan dengan bisnis serupa lainnya di pasaran.

  •   Weakness (W)

Weakness merupakan berbagai komponen yang menjadi kelemahan dari bisnis tersebut.

2. Faktor eksternal

Unsur-unsur internal tersebut mewakili berbagai data yang dikumpulkan dari pihak-pihak di luar perusahaan, yang jelas membutuhkan bantuan atau masukan dari pihak-pihak di luar perusahaan. Contoh: Hasil kuesioner yang dibagikan kepada calon pelanggan bisnis kalian. Faktor eksternal tersebut meliputi Peluang (opportunities) dan Ancaman (threats).

  • Opportunities (O)

Opportunities merupakan komponen yang bisa digunakan untuk melihat dan memahami berbagai peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis kamu. 

  • Threats (T)

Threats merupakan komponen yang bisa dimanfaatkan untuk melihat berbagai ancaman atau kendala yang mungkin terjadi di dalam bisnis.

Nah untuk selanjutnya admin akan membagikan tips membuat analisis SWOT yang tepat.

Pengertian Analisis SWOT Manfaat dan Tipsnya secara Lengkap
Analisis SWOT

Tips Membuat Analisis SWOT

1. Kumpulkan Semua Pihak yang Sudah Terlibat

Untuk membangun analisis SWOT ini, kalian perlu mempertemukan semua pihak yang akan terlibat dalam bisnis tersebut. Ini memungkinkan Anda mendapatkan hasil analisis yang efektif yang tidak berasal dari satu orang. Ada beberapa pihak yang wajib mengikuti pelatihan ini (misalnya manajemen atau pemilik perusahaan, karyawan dan lain-lain).

2. Membuat Pertanyaan dari masing – masing Komponen SWOT

Langkah selanjutnya adalah kalian mengajukan pertanyaan berdasarkan masing-masing komponen SWOT. Hal ini harus dilakukan dengan mendengarkan semua orang yang terlibat dalam analisis. Dan berikut dibawah ini adalah beberapa contoh pertanyaan yang umum digunakan dalam Analisis SWOT.

Strength (S)

  • Apa keunggulan bisnis?
  • Apa keunikan bisnis? Pengertian Analisis SWOT, Manfaat, dan Tipsnya secara Lengkap
  • Apa yang akan membuat bisnis sukses di pasaran?

Weakness (W)

  • Apa yang dibutuhkan bisnis untuk berkembang?
  • Apa saja kelemahan dari tim kerja?
  • Apa yang bisa menimbulkan kerugian dalam bisnis?

Opportunities (O)

  • Apakah ada peluang perkembangan pasar dalam bisnis?
  • Apakah bisnis bisa mengikuti trend di pasaran?
  • Bagaimana peluang bisnis kedepannya?

Threats (T)

  • Apa bisnis memiliki banyak kompetitor di pasaran?
  • Bisakah supplier memasok bahan baku untuk jangka panjang?
  • Apakah bisnis bisa mengikuti perkembangan teknologi?

3. Kumpulkan semua jawaban dari orang yang terlibat

Setelah semua pertanyaan di atas telah dijawab, jawaban dari semua orang yang terlibat dalam mempersiapkan analisis SWOT harus dikumpulkan. Kemudian kelompokkan skor yang sama dan berikan peringkat untuk setiap pertanyaan.

Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode voting, memungkinkan kalian untuk memutuskan proposal mana yang harus diprioritaskan. Bersiaplah untuk menjadi moderator karena kalian dan tim kalian mungkin akan berdebat selama proses ini.

4. Tentukan strategi kombinasi SWOT

Setelah semua langkah di atas, kalian dapat mengelompokkan poin yang berbeda untuk setiap komponen di atas. Ini membuatnya lebih mudah untuk menguraikan rencana bisnis kalian. Berikut adalah beberapa kombinasi komponen SWOT yang dapat Anda gunakan sebagai contoh :

  • Strength – Opportunity (S-O)
Baca Juga :  Sepeda Motor Indonesia Terjun ke Bisnis E-Commerce

Kombinasi ini menunjukkan bahwa bisnis tersebut memiliki kekuatan dan peluang pertumbuhan yang cukup. Kalian juga harus memaksimalkan penjualan dan promosi untuk hasil yang memuaskan.

  • Strength – Threats (S-T)

Kombinasi ini menunjukkan bahwa bisnis yang kalian jalani, miliki kekuatan internal yang cukup kuat, namun sebenarnya banyak menghadapi ancaman dari luar perusahaan(pesaing). Dalam konteks ini, solusinya adalah diferensiasi, yang membedakan bisnis dari para pesaingnya.

  • Weakness – Threats (W-T)

Kombinasi ini mengungkapkan kelemahan internal dan ancaman dari luar perusahaan kalian. Tentu jika hal tersebut terjadi, kalian dapat mengambil tindakan protektif untuk mengendalikan situasi, seperti mengelola kelemahan perusahaan kalian untuk meminimalkan berbagai ancaman eksternal.

  • Weakness – Opportunity (W-O)

Kombinasi ini menunjukkan bahwa bisnis kalian memiliki kelemahan tetapi juga memiliki peluang untuk berkembang. Untuk mengatasi hal ini jika terjadi, kalian bisa melakukan perubahan yang akan semakin memperkuat bisnis kalian. Misalnya: pengembangan produk baru, inovasi dan lain-lain.

Penutup

Oke itu tadi penjelasan dari admin terkait Analisis SWOT untuk bisnis. Perlu kalian ingat bahwa Jika kalian merencanakan bisnis, maka gunakanlah metode analisis SWOT dalam bisnis kalian. Metode ini memberikan pemahaman yang jelas tentang bisnis, termasuk kekuatan dan kelemahannya. Lakukan analisis SWOT kalian dengan benar agar bisnis kalian benar-benar dapat berkembang dan optimal kedepannya.

Terima Kasih

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *