3 Tren Teknologi 2022: Metaverse, NFT dan Web 3.0

Satumimpi.com – 3 Tren Teknologi 2022: Metaverse, NFT dan Web 3.0. Hallo sobat Satumimpi, kembsli lsgi bersama kami yang tentunya akan menyajikan info-info menarik dan populer seputar dunia bisnis, teknologi, sport, otomotif dan lainnya.

Baik para sobat sekalian, pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai teknologi yang bakal trending di 2022.

Pandemi Covid-19 melahirkan budaya bekerja dari rumah atau work from home (WFH) yang diiringi peningkatan pemanfaatan teknologi.

Seiring dengan perkembangan zaman, sejumlah teknologi dan inovasi dikabarkan bakal menjadi tren pada 2022. Seperti Metaverse, NFT, dan kali ini ada Web 3.0.

Tren Teknologi 2022: Metaverse, NFT dan Web 3.0

3 Tren Teknologi 2022: Metaverse, NFT dan Web 3.0
Teknologi Web 3.0

Konsep yang diusung web 3.0 adalah intelektualitas buatan (artificial intelligence). Bukan hanya manusia dengan manusia yang dapat berinteraksi satu sama lain.

Namun satu aplikasi dengan yang lain juga dapat berinteraksi, Lahirnya inovasi-inovasi baru itu dinilai akan mengubah kehidupan manusia dalam beberapa tahun ke depan.

Akan tetapi perkembangan web 3.0 ternyata berdampak pada ketersediaan lapangan pekerjaan. Pasalnya, ketersediaan sumber daya manusia (SDM) telah digantikan oleh teknologi digital.

Berkurangnya lapangan pekerjaan juga berimbas pada pencari kerja. Sulitnya mendapatkan pekerjaan membuat para pencari kerja ini banting setir membuka usaha.

“Pada akhirnya bermunculan startup baru yang mencoba untuk membuat usaha dengan menitik beratkan pada pendanaan ataupun investasi agar bisa menjadi Unicorn,”

Lantas apa sih maksud dari web 3.0?

Sama halnya dengan Cryptocurrency, Metaverse atau NFT, booming web 3.0 juga menjadi hal yang banyak diperbincangkan oleh warganet.

Sebelum mengenal web 3.0, sebelumnya kita sudah mengetahui adanya Web 1.0 yang dimulai pada 1990-an yakni hari-hari awal internet, dimana saat itu web adalah cara mendemokratisasi akses ke informasi.

Baca Juga :  Mengenal Investasi Saham Dan Cara Jual Belinya

Hingga pada medio 2000-an muncul web 2.0, dimana raksasa teknologi seperti Google, Amazon, Facebook hingga Twitter muncul. Platform tersebut mencoba untuk menertibkan internet dengan mempermudah koneksi dan transaksi online.

Web 3.0 menawarkan sistem desentralisasi yang dibangun di atas sistem Blockchain. Jadi akan ada pembukuan di mana banyak komputer sekaligus menyimpan data yang bisa dicari oleh siapa saja.

Dikutip dari NPR, sistem tersebut akan dioperasikan oleh pengguna secara kolektif bukan lagi dikuasai oleh perusahaan.

Para pengguna akan diberikan token untuk berpartisipasi dan digunakan memberikan suara pada keputusan serta menghasilkan nilai nyata.

Web 3.0 membuat pengguna mengontrol data mereka sendiri. Mereka akan berpindah dari media sosial ke email atau belanja dengan satu akun dipersonalisasi, membuat catatan di Blockchain dari seluruh aktivitas.

Gerakan Web 3.0 terbantu dengan tren NFT. Selain itu Twitter juga sedang mempelajari cara memasukkan konsep tersebut ke platform, ungkap Esther Crawford, manajer proyek senior Twitter.

Dia mengatakan di masa depan, bukan Twitter versi kripto yang menggantikan platform tersebut. Namun perusahaan akan memperkenalkan fitur Web 3.0 di atas Twitter.

Akhir Kata

Demikian yang dapat admin ulas dan sajikan untuk anda, mengenai tren teknologi di 2022. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu menambah pengetahuan anda mengenai teknologi tersebut. Dan jangan lupa kunjungi kami lagi di Satumimpi.com. Tentunya untuk update info-info menarik dan populer selanjutnya.

Terima Kasih

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.