10 Daftar Film Yang Bertema Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Satumimpi.com – 10 Daftar Film Yang Bertema Perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Hallo sobat satumimpi, kembali lagi bersama kami yang tentunya akan menyajikan info-info menarik dan populer.

Pada kesempatan kali ini admin akan menayajikan 10 Daftar Film Yang Bertema Perjuangan Kemerdekaan Indonesia.

Sebentar lagi masyarakat Indonesia akan merayakan HUT RI ke-77 pada tanggal 17 Agustus. Ini adalah hari yang ditunggu-tunggu banyak orang.

Menjelang peringatan 17 Agustus, banyak orang yang menyelenggarakan acara seperti melaksanakan Upacara Bendera, karnaval, lomba, malam Tirakatan, Syukuran, hingga nonton bareng.

Untuk memperingati 77 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, masyarakat Indonesia dapat menonton 10 film tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Lantas apa saja 10 film yang bertemakan perjuangan kemerdekaan RI? simak info selengkapnya berikut ini.

Daftar Film Yang Bertema Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

10 Daftar Film Yang Bertema Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
10 Daftar Film Perjuangan Kemerdekaan RI

Daftar Film Yang Bertema Perjuangan Kemerdekaan RI

Tentunya film yang pas untuk disaksikan dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 dengan tema perjuangan.

Di sini admin akan memperkenalkan 10 rekomendasi film yang menggambarkan perjuangan kemerdekaan Indonesia, dikutip dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

10 Daftar Film Tentang Prjuangan RI

Berikut adalah 10 film tentang perjuangan yang cocok untuk disaksikan di bulan kemerdekaan RI.

1. November 1928 {1979}

Film November 1828 disutradarai oleh Teguh Karya. Film ini bercerita tentang penduduk desa di Pulau Jawa yang memberontak melawan pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

November 1928 Penghargaan 7 pada Festival Film Indonesia 1979: Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Pendukung Terbaik, Sinematografi Terbaik, Penataan Artistik Terbaik, Tata Suara Terbaik, dan Divisi Penghargaan Penataan Musik Terbaik.

2. Janur Kuning {1979}

Film Janur Kuning bercerita tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia untuk mendapatkan kembali kemerdekaannya setelah ditaklukkan oleh Sekutu.

Baca Juga :  Twitter Spotify Down Netizen Reacts With Memes

Janur Kuning menceritakan kisah Letnan Kolonel Suharto, seorang perwira muda yang membujuk Jenderal Sudirman untuk kembali ke Yogyakarta. Film Janur Kuning juga masuk nominasi Pemeran Pendukung Terbaik Piala Citra.

3. Doea Tanda Mata {1985}

Film Dua Tanda Mata menceritakan tentang dua perwira dari latar belakang yang berbeda yang bertarung bersama. Film ini diproduksi oleh Cinema Eight dan Benoa dengan produser Alfani Wiryawan.

Untuk itu, tim produksi melakukan penelitian mendalam untuk mendapatkan informasi tentang kehidupan dan kegiatan di Akademi Militer (Akmil) Magelang saat itu.

4. Tjoet Nja Dhien {1988}

Film Tjoet Nja Dhien merupakan film biografi yang menceritakan perjuangan seorang wanita asal Aceh bernama Tjoet Nja Dhien. Film ini bercerita tentang perjuangan TJoet Nja Dhien melawan penjajahan Belanda pada masa Perang Aceh.

Tjoet Nja` Dhien meraih Piala Citra sebagai film terbaik Festival Film Indonesia 1988. Hingga film tersebut sempat direstorasi di Belanda beberapa waktu lalu dan kembali dirilis di bioskop.

5. Merah Putih {2009}

Film Merah Putih merupakan kerjasama perusahaan produksi lokal dan internasional. Dirilis pada tahun 2009, film ini bercerita tentang invasi Belanda 1 tahun 1947.

Merah Putih dimainkan oleh Lukman Sardi, Donnie Alamsyah, Teuk Rifnu, Zumi Zola dan Darius Sinatrija. Merah Putih adalah film pertama dari trilogi film bertema pertarungan lainnya yaitu Darah Garuda (2010) dan Hati Merdeka (2011).

6. Soekarno {2013}

Disutradarai oleh sutradara ternama Hanung Bramantyo, film ini bercerita tentang perjalanan hidup Soekarno sebagai seorang Proklamator bangsa. Bintang film Soekarno Ario Bayu bergabung dengan Lukman Sardi, Maudi Kosnaedi dan Sujiwo Tejo.

Sebagai karakter Bung Karno. Film berdurasi 137 menit yang dikemas dengan nilai perjuangan ini mampu menyabet gelar film bergengsi di Festival Film Bandung (FFB) ke-27 tahun 2014.

Baca Juga :  9 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

7. Tjokroaminoto {2015}

Tjokroaminoto adalah sebuah film Indonesia bertema perjuangan tahun 2015. Disutradarai oleh Garin Nugroho, film ini menampilkan beberapa aktor terbaik Indonesia termasuk Reza Rahardian, Christine Hakim, Didi Pettet dan Suziwo Tejo.

Film ini bercerita tentang seorang guru negara yang menjadi pendidik bagi para pemimpin Indonesia. Pada tahun 2014, film tersebut memenangkan tiga penghargaan di Festival Film Indonesia 2015: Sinematografi Terbaik, Desain Artistik Terbaik, dan Tata Busana Terbaik.

8. Battle of Surabaya {2015}

film bertema peperangan Indonesia ini menggunakan tampilan animasi dua dimensi. Film animasi Battle of Surabaya ini diproduksi oleh MSV Pictures dan disutradarai oleh Aryanto Yuniawan.

Battle of Surabaya bercerita tentang petualangan Musa. Shoe Shine Boy, seorang remaja laki-laki yang bertugas sebagai kurir pertempuran untuk Pertempuran Suroboyo pada tanggal 10 November 1945.

Karena cerita dan animasi yang canggih, Battle of Surabaya memenangkan berbagai penghargaan film bergengsi.

Diantaranya adalah Best Animation of Milan International Film Festival 2017, Best Animation of Berlin International Film Festival 2017 dan Best Animation of Nice International Film Festival 2017.

9. Kartini {2017}

Sama seperti film Sukarno, film Kartini diedit oleh sutradara ternama Hanun Bramantio. Film ini pertama kali dirilis pada tahun 2017, dengan Dian Sastrowaldyo berperan sebagai Kartini dalam film ini.

Film Kartini menghadirkan pejuang pembebasan dengan wajah yang lebih berani, lebih kuat, dan lebih pintar dari wanita. Film Kartini meraih Pemeran Pembantu Wanita Terbaik Festival Film Indonesia 2017, diberikan kepada Kristin Hakim.

10. Bumi Manusia {2019}

Film ini di adaptasi dari buku berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer ini diproduseri oleh Hanung Bramantyo. Bumi Manucia menceritakan kisah cinta Minke dan Annelise, yang tumbuh di tengah banyak masalah sosial dan ketidakadilan di era kolonial Belanda.

Baca Juga :  Novel My Rude Wife By CikNorCinta Pdf Full Episode

Pada tahun 2020, Bumi Manusia memenangkan Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Pria Terbaik dan Skenario Terbaik di Festival Film Bandung.

Akhir Kata

Demikian yang dapat admin sajikan mengenai 10 Daftar Film Yang Bertema Perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Jangan lupa kunjungi kami kembali di satumimpi.com, tentunya untuk update info menarik dan populer selanjutnya.

Terima Kasih

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.